Dampak Akibat Membiarkan CVT Motor Matic Berdecit

dampak membiarkan cvt berdecit

dampak membiarkan cvt berdecit

Berbicara tentang sepeda motor pastinya tak jauh dari ulasan seputar komponen mesin yang ada pada motor tersebut. Terdapat berbagai varian komponen motor yang masing-masing dari komponen tersebut mempunyai peranan penting untuk motor dan juga fungsi yang berbeda-beda.

Tapi, walaupun mempunyai fungsi yang beda, tetap saja semua tujuan dari komponen yang ada itu untuk mendukung performa dan kinerja dari mesin motor itu sendiri, sehingga sepeda motor tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai Akibat Membiarkan CVT Motor Matic Berdecit. Apa saja yang akan terjadi bila CVT tersebut dibiarkan walaupun sudah berbunyi decitan? Untuk informasi lebih jelasnya, kamu bisa langsung simak ulasan yang di kutip dari otomodiv

Pertama-tama saya akan membahas tentang.

Fungsi CVT untuk Motor Matic

Maka dari itu, sangat penting dan juga wajib bagi kalian para pemilik motor matic untuk selalu memperhatikan perawatan secara bersekala kepada semua komponen yang ada pada motor matic, salah satunya seperti bagian CVT.

CVT adalah salah satu komponen motor yang mempunyai pengaruh besar terhadap performa sepeda motor yang kamu miliki.

CVT merupakan singkatan dari kata¬†“Countilously Variable Transmision” artinya adalah sebuah sistem transmisi yang tidak mempunyai gigi perseneling seperti halnya dengan motor manual pada umumnya. Biasanya, CVT ini terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:

  1. V-Belt: Adalah komponen motor matic yang kegunaannya untuk penyambung putaran. Selain itu, fungsi dari V-belt ini sebagai transmisi daya dari poros satu kepada poros lainnya.
  2. Pulley Belakang: Merupakan komponen di dalam CVT yang berfungsi untuk menggerakkan roda belakang pada motor yang kamu miliki.
  3. Pulley Depan: Adalah komponen yang letaknya di dalam CVT dan berfungsi untuk menyambungkan putaran yang dihasilkan oleh mesin ke bagian V-Belt.

Demikianlah beberapa komponen CVT beserta fungsinya terhadap motor matic yang kamu milikinya. Perlu kamu ketahui, komponen tersebut harus benar-benar kamu perhatikan agar tidak terjadinya kerusakan atau kendala seperti adanya suara berdecit di dalam CVT.

Apabila terdapat bunyi decitan pada CVT, alangkah baiknya segera dibuka dan di cek apa ada yang rusak atau tidak. Jangan sampai kamu membiarkan begitu saja, karena jika bunyi decitan di dalam CVT kamu abaikan akan memberikan dampak yang buruk bagi motor matic yang kamu punya.

Berikut dampak yang akan terjadi jika tidak segera di tangani:

V-Belt Akan Cepat Haus

Efek pertama yang akan berdampak adalah karet V-Belt akan cepat haus atau rusak. Terjadinya hal ini dikarenakan adanya getaran dari bunyi decitan tersebut yang bisa mengakibatkan mengganggu kerja V-Belt pada motor matic, hal tersebut tentu saja membuat karet V-Belt cepat haus.

Kerusakan Rotor CVT

Efek yang kedua ketika membiarkan decitan yang disebabkan dari dalam CVT adalah kerusakan Rotor CVT. Hal ini memang bisa terjadi, dikarenakan getaran-getaran yang dihasilkan oleh bunyi decitan tersebit bisa membuat Rotor CVT cepat rusak.

Membuat Pengendara Tidak Nyaman

Selain membuat kerusakan pada bagian lainnya, bunyi decitan yang di sebabkan oleh CVT ini bisa membuat para pengendara motor matic merasa tidak nyaman ketika mengendarainya.

Hal tersebut memang sangat mengganggu bagi para pengendara, karena suara berisik dari decitan di dalam CVT ini sangat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk semua pengguna motor matic harus merawat dan memperhatikan kesehatan dari seluruh komponen yang ada.

Hal tersebut memang sangat penting dan juga demi kebaikan untuk semuanya. Entah itu untuk motor, dan juga bagi pemilik motor agar tidak mengeluarkan uang lebih banyak karena hanya untuk melakukan service terhadap komponen yang rusak.

***

Mungkin sekian ulasan kali ini tentang Akibat Membiarkan CVT Motor Matic Berdecit. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu semua.

Leave a Reply