Ekspor Alpukat

Semua orang pasti tahu dengan buah alpukat yang berwarna hijau dan kaya akan gizi ini. Selain karena rasanya yang enak, buah dengan nama latin Persea itu mempunyai segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga membuatnya banyak diminati oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Nah karena hal itu juga yang mengakibatkan Ekspor Alpukat di Indonesia saat ini  mengalami peningkatan.

Untuk budidayanya sendiri bisa tergolong mudah dan tidak memerlukan perawatan yang mahal. Bahkan Anda dapat menanamnya di halaman rumah dengan  lahan yang cukup luas. Jadi tidak heran jika masyarakat Indonesia banyak yang melakukan pembudidayaan tanaman alpukat ini.

Jenis-Jenis Alpukat Ekspor dan Keunggulannya

Jenis-Jenis Alpukat Ekspor dan Keunggulannya

Memiliki tekstur daging yang lembut dan tentunya rasa yang enak membuatnya hampir disukai oleh semua orang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati buah berwarna hijau ini, salah satunya dengan di jus atau dijadikan sebagai campuran es teler.

Nah apakah Anda tahu, Indonesia memiliki  beberapa jenis atau varietas alpukat ekspor yang bisa Anda temui di pasar atau supermarket. Tiap-tiap jenisnya mempunyai keunggulan atau kelebihan tersendiri. Berikut  sudah kami rangkum dalam pembahasan dibawah ini.

1. Alpukat Mentega

Jenis ini adalah jenis yang paling umum atau sering dijumpai di mana saja. Tekstur dagingnya yang kenyal juga cukup tebal dan tidak memiliki serat, sangat cocok untuk diolah menjadi jus alpukat.

2. Alpukat Wina

Alpukat wina merupakan salah satu jenis alpukat unggulan negara Indonesia yang dikembangkan oleh petani di Semarang. Jenis ini banyak diminati orang-orang karena selain rasanya yang gurih dan berdaging tebal, kelebihannya juga yakni dapat bertahan selama 15 hari setelah dipetik.

3. Alpukat Miki

Keunggulan jenis ini yaitu tidak mudah ditembus oleh hama, hal ini dikarenakan kulitnya yang cenderung keras. Meskipun ukurannya kecil, namun soal kualitas tidak boleh diragukan.

4. Alpukat Kendil

Dengan dagingnya yang bertekstur lembut juga manis, alpukat jenis kendil cocok untuk disantap secara langsung. Ukurannya yang unik yakni seperti sebuah kendi ini memiliki bobot sekitar 20 gram. Sementara untuk keunggulannya sendiri yaitu mempunyai daging buah yang tebal dan biji yang kecil.

5. Alpukat Hass

Keistimewaan dari jenis ini yaitu bentuk buahnya yang unik. Ketika sudah matang alpukat hass akan memiliki kulit yang berwarna coklat kehitaman dan bertekstur kasar bergerigi.

Peluang Indonesia untuk Ekspor Alpukat ke Jepang

Peluang Indonesia untuk Ekspor Alpukat ke Jepang

Saat ini permintaan buah alpukat di Indonesia sendiri sedang mengalami peningkatan. Sehingga dari tahun ke tahun usaha pembudidayaannya juga ikut meningkat dan disuplai ke berbagai daerah. Salah satu jenis yang terkenal dan tersebar di berbagai pasar alpukat di tanah air adalah jenis alpukat mentega Probolinggo.

Nah tidak hanya itu, si hijau segar ini juga berpeluang untuk di ekspor ke negara Jepang. Sebuah importir Jepang Great Giant Foods (GGF) Ltd yang bertemu Atase Pertanian KBRI  berminat untuk mengimpor alpukat asal Indonesia ini.

Buah alpukat di negara Jepang memang memiliki peluang pasar yang cukup besar. Hal itu dikarenakan permintaan atau kebutuhan masyarakat disana yang terus meningkat. Dapat dibuktikan permintaan buah alpukat di negeri sakura itu dalam lima tahun terakhir mencapai 74 ribu ton. Jadi dapat dikatakan indonesia memiliki peluang yang cukup besar untuk mengekspor buah alpukat ke negeri Jepang tersebut.

Nah itulah pembahasan mengenai jenis-jenis dan keunggulan alpukat di Indonesia serta peluangnya untuk bisa di ekspor ke negara Jepang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa membantu Anda.

Leave a Reply