Cara Memilih AC agar Tagihan Listrik Tetap Hemat

Saat memulai sebuah rumah, bisa dipastikan bahwa rumah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Meskipun mereka belum membeli rumah baru, dapat dipastikan bahwa pasangan yang baru menikah harus mandiri dan meninggalkan rumah orang tua mereka. Selain membeli rumah, menyewa apartemen atau menyewa rumah kecil bisa menjadi solusinya.

Ketika pindah ke tempat tinggal baru, tentu saja, biayanya akan tinggi. Ini karena ia mulai memenuhi rumah dengan berbagai kebutuhan rumah tangga, termasuk perangkat elektronik. Salah satu yang harus dan harus dibeli adalah pendingin ruangan (AC).

Sebelum memutuskan untuk membeli AC, tips berikut bisa menjadi panduan untuk mendapatkan opsi yang paling cocok:

Tentukan jumlah PK secara akurat

Cobalah untuk mengukur seberapa banyak ruang yang akan dipasang AC di rumah Anda. Tentu saja, ini terkait dengan ukuran PK yang benar. Jika ruangan besar akan membutuhkan PK besar, sebaliknya dengan ruangan kecil cukup dengan PK kecil. Jika diinvestasikan, niscaya akan membuang energi listrik dengan sia-sia.

Saat menentukan jumlah PK, Anda dapat berkonsultasi dengan British Thermal Unit (TBU). Metode ini adalah mengalikan panjang dan lebar ruangan dalam meter dengan 500 (jumlah standar BTU). Misalnya, ruangan berukuran 3×4 meter, 3 x 2 x 500 = 3.000 BTU.

Jika hasil perhitungan kurang dari 5.000 BTU, tanda AC dengan ½ PK sangat ideal. PK PK ideal untuk 7.000 BTU, 1 PK untuk 9.000 BTU, 1½ PK untuk 12.000 BTU dan 2 PK untuk 18.000 BTU.

Pilih inverter listrik yang menghemat listrik.

Investor AC semakin menjadi pilihan bagi pasangan muda. Ini karena AC dengan teknologi ini dapat menghemat listrik dibandingkan dengan AC dengan kompresor biasa.

Jenis AC lainnya atau yang biasa disebut AC standar menggunakan kompresor yang menyala dan mati berulang kali dengan masing-masing digunakan untuk menjaga kesegaran. Ketika suhu mencapai set, kompresor akan mati secara otomatis.

Ketika suhu sekitar meningkat hingga derajat tertentu, kompresor menyala kembali. Biasanya, ini mudah dikenali oleh suara khas di AC. Proses menyalakan dan mematikan ini berulang kali menyebabkan AC mengonsumsi lebih banyak listrik setiap kali kompresor dinyalakan kembali.

Berbeda dengan AC inverter, kompresor terus berjalan. Saat mencapai suhu yang disetel, kecepatan gerakan melambat. Ketika suhu sekitar meningkat hingga derajat tertentu, kompresor menyesuaikan kecepatannya untuk mempertahankan suhu sekitar lagi.

Sistem kerja ini membuat penggunaan listrik lebih efisien. Dengan menggunakan inverter AC di rumah, Anda dapat mengurangi tagihan listrik rumah tangga karena AC ini secara otomatis menjalankan mode hemat energi. Keuntungan tambahan, investor AC cenderung lebih tenang.

Hitung energi listrik rumah tangga

Poin penting lainnya, perhatikan kapasitas daya listrik perumahan. Dengan kapasitas daya listrik yang terbatas, Anda harus lebih bijak saat menggunakan perangkat elektronik, termasuk AC. Misalnya berganti-ganti dengan perangkat elektronik. Sama seperti saat AC menyala, mungkin Anda harus menunda menonton TV atau mencuci pakaian.

Bahkan, ini telah menyebabkan kejutan tersendiri. Masalah kegiatan prioritas yang harus diprioritaskan tidak jarang, membuatnya menjadi pilihan yang sulit untuk dibuat.

Untuk mengatasinya, LG DUAL COOL AC dengan Watt Control mungkin bisa menjadi solusi. Hadir dari inverter AC LG terbaru, AC ini dilengkapi dengan fitur unik yang disebut Watt Control.

Bentuknya berupa empat opsi untuk jumlah energi listrik yang digunakan untuk mengoperasikannya. Anda dapat menyesuaikan LG DUAL COOL AC dengan Watt Control dengan konsumsi listrik 100 persen, 80 persen, 60 persen, untuk beroperasi dengan hanya 40 persen dari kebutuhan listrik.

Misalnya, ia memiliki AC LG DUAL COOL dengan 1/2 PK watt kontrol dengan daya 495 watt. Jika Anda mengaktifkannya dengan 80 persen daya listrik, hanya dengan menekan tombol khusus pada kendali jarak jauh, Anda dapat menghemat energi sebesar 76 watt. Penghematan ini setara dengan kebutuhan untuk 1 unit TV LED 32 inci.

Sementara mengaturnya untuk konsumsi daya 60 persen, itu akan membuat LG DUALCOOL dengan Watt Control AC menyala dengan 312 watt. Penghematan 183 watt setara dengan daya listrik rata-rata yang dibutuhkan dalam mesin cuci top-loading dengan kapasitas 7 kilogram.

Leave a Reply