7 Kegiatan Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Kehamilan merupakan hal yang sangat tidak mudah untuk dijalani, apalagi persalinan. Persalinan atau melahirkan yang merupakan proses keluarnya janin secara normal yaitu melalui jalan rahim atau secara Caesar yaitu pembedahan merupakan fase yang sangat krusial. Hal tersebut pula yang membuat beberapa Ibu hamil menjadi tegang bahkan mungkin cemas menjelang persalinan.

Sebenarnya rasa tegang dan cemas sangat wajar terjadi karena pada trimester akhir kehamilan atau menjelang persalinan Ibu hamil juga akan mengalami perubahan pada hormonnya yang membuatnya jadi lebih emosional dari sebelumnya. Hal tersebut pula yang kadang menjadikan Ibu hamil jadi mudah marah dan tidak punya nafsu. Belum lagi dengan perubahan fisiknya, perutnya yang semakin membesar bobot janin yang ada di dalam kandungan pun semakin menyusahkan Ibu hamil.

Perubahan hormon dan fisik pada Ibu hamil memang terjadi sejak awal kehamilan, namun di usia kehamilan akhir atau yang juga sering disebut hamil tua perubahannya semakin hebat. Bahkan banyak Ibu hamil yang jadi lebih banyak diam dan tidak melakukan kegiatan apa-apa atau terus bermalas-malasan.

Padahal seperti yang kita ketahui di usia kehamilan seperti ini Ibu hamil sangat dianjurkan untuk banyak bergerak, bahkan beberapa pakar kehamilan juga menganjurkan agar Ibu hamil melakukan sejumlah kegiatan tertentu seperti berolahraga ringan yang aman dengan kehamilannya agar membantu saat proses melahirkan.

Perut yang semakin berat dan pengaruh hormon dapat mengakibatkan Ibu hamil kesulitan melakukan kegiatan yang membuatnya lebih memilih untuk tidak melakukan kegiatan apa-apa.

Nah, seperti yang saya sebutkan sebelumnya agar persalinan lancar Anda harus sangat dianjurkan untuk banyak bergerak. Bahkan banyak diantara mereka yang baru pertama kali hamil mungkin akan mengalami stres. Tenang Ibu, saya punya beberapa masukan yang bisa menjadi pilihan kegiatan Ibu hamil menjelang persalinan.

Apa saja? Berikut tips dari Biofar, 7 di antaranya.

Melakukan Gerakan Ringan

Menjelang persalinan Anda sangat dianjurkan untuk melakukan banyak gerakan. Nah, hal tersebut pula yang bisa menjadi kegiatan untuk Anda pilih, namun di usia kehamilan ini Anda tetap harus berhati-hati bahkan bisa dikatakan jika Anda harus lebih ekstra hati-hati.

Untuk itu gerakan ringan yang aman pada kehamilan Anda sangat disarankan. Nah, berikut ini beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Naik turun tangga dengan hati-hati sambil mengatur nafas
  • Berdiri dalam posisi tegap dan angkat dagu Anda
  • Berdiri tegap dan mengunci lutut rilekskan punggung dan pundak Anda
  • Berbaring di atas bantal dan tempatkan bantal pada tungkai
  • Jalan santai di pagi hari atau sore hari

Ada banyak gerakan yang bisa Anda lakukan, yang penting Anda bisa membuat otot-otot dipergelangan Anda tidak kaku dan yang paling penting adalah Anda harus berhati-hati saat melakukannya. Jangan membungkuk, saat Anda berdiri dari tempat duduk usahakan agar badan Anda sedikit condong kedepan hal ini juga dapat membantu mengatasi ketegangan pada otot-otot persendian Anda.

Berkunjung Ke Orang Terdekat

Mengunjungi orang-orang terdekat Anda juga menjadi kegiatan yang baik menjelang persalinan. Kegiatan ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi tambahan tentang kehamilan Anda dan yang terpenting kegiatan ini juga baik untuk membantu Anda banyak bergerak dan mendapatkan kesenangan.

Anda bisa mengunjungi teman, sahabat, saudara atau bahkan Orang tua Anda atau orang tua suami.

Kegiatan Menyenangkan Bersama Suami

Menjelang persalinan Anda bisa meminta suami Anda untuk memberikan waktu spesial untuk Anda berdua. Me time menjelang persalinan menjadi kegiatan yang baik untuk Anda dan juga suami. Misalnya menonton film kesukaan Anda bersama suami seperti film romantis atau bahkan komedi akan membantu Anda untuk mengatasi rasa tegang dan cemas menjelang persalinan. Selain itu Anda juga bisa meminta suami Anda untuk memberikan sentuhan hangat yang manja kepada Anda.

Mempersiapkan Kebutuhan Buah Hati

Berbelanja sebagai persiapan kebutuhan bayi juga menjadi pilihan tepat sebagai kegiatan Ibu hamil menjelang persalinan. Namun hal yang harus Anda ingat adalah kondisi kesehatan Anda saat berbelanja usahakan jangan sampai Anda mengalami kelelahan. Selain kebutuhan Anda juga bisa membeli sebuah album untuk mengabadikan setiap momen pertumbuhan buah hati Anda, yang mana tentu akan menyenangkan untuk Anda dan suami.

Senam Yoga

Yoga mungkin terlihat sebagai gerakan yang cukup menyakitkan, namun yoga juga punya kelas khusus untuk Ibu hamil termasuk bagi Anda yang akan melahirkan. Senam yoga menjadi kegiatan yang cukup bermanfaat untuk Anda, yang dapat membantu untuk membuat Anda lebih tenang dan juga melatih pernafasan Anda. Bahkan beberapa latihan yoga juga bisa membantu persalinan Anda.

Memanjakan Diri

Setiap wanita tentu merasa senang saat ia dapat memanjakan dirinya sendiri. Nah, hal itu pula yang bisa Anda lakukan menjelang persalinan. Anda bisa menjalani beberapa terapi pemijatan selama tidak membahayakan kehamilan Anda atau mendapatkan perawatan diri di salon-salon kecantikan. Namun harus Anda ingat perhatikan penggunaan kosmetiknya.

Perbanyak Informasi

Membaca atau mencari-cari informasi dari orang terdekat bisa menjadi kegiatan yang pas untuk Anda lakukan, khususnya informasi tentang kehamilan Anda yang sebentar lagi akan menjalani proses persalinan. Semakin banyak Anda mendapatkan informasi tentu semakin baik untuk persiapan Anda saat bersalin atau saat merawat buah hati Anda.

Rasa takut dan cemas jelang persalinan itu wajar menjelang persalinan, namun Anda juga sebisa mungkin untuk mengatasinya, tetap tenang dan meminta dukungan dari keluarga khususnya suami tercinta adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan mental jelang persalinan.

Leave a Reply