Mengungkap Biografi Thomas Jefferson, Presiden ke-3 Amerika Serikat

Mengenal salah satu tokoh dunia yang sangat hebat sudah selayaknya dilakukan oleh para generasi muda saat ini. Salah satu biografi tokoh hebat yang patut diketahui adalah biografi Thomas Jefferson.

Selama hidupnya Thomas Jefferson dikenal sebagai presiden ke-3 Amerika Serikat yang berhasil menorehkan berbagai sejarah gemilang semasa hidupnya. Berikut adalah penjabaran dari biografi Thomas Jefferson yang wajib anda ketahui.

Kelahiran Thomas Jefferson

Image Source: biography.com

Thomas Jefferson lahir di daerah Shadwell, Gloochland, Virginia, Amerika Serikat tanggal1 April 1743. ia merupakan putra dari pasangan Peter dan Jane Randolph Jefferson. Kedua orang tuanya berasal dari kalangan keluarga berada.

Ketika berusia 14 tahun, ayah Thomas meninggal. Ia kemudian diwarisi dengan sejumlah kekayaan yang cukup besar dari ayahnya berupa tanah seluas 2.750 acre dan juga beberapa budak belian.

Pendidikan

Thomas Jefferson menempuh pendidikan selama dua tahun di Perguruan Tinggi William dan Marry. Namun, disana ia tidak melanjutkannya hingga lulus. Setelah itu ia mulai giat mempelajari ilmu hukum.

Baru pada tahun 1767, Thomas Jefferson ditempatkan di Badan Pengadilan Virginia. Disana ia menjadi anggota “Burges” Dewan Perwakilan Virginia.

Keluarga

Pada tahun 1772, Thomas Jefferson menikah dengan seorang janda kaya bernama Martha Wayles skelton. Ia kemudian membawa istrinya untuk tinggal bersamanya di rumah yang baru dibangunnya di daerah dataran tinggi di Monticello.

Pada tahun 1782, istrinya meninggal dunia. Peristiwa ini terjadi saat Thomas kembali menjabat menjadi bagian dari delegasi kongres di Amerika Serikat.

Karir

Pada tahun 1796 tepat di usianya yang ke 53 tahun, Thomas Jefferson menjabat menjadi calon presiden yang diusung oleh partai Demokratik-Republikan. Namun akhirnya ia menjabat menjadi wakil presiden setelah dikalahkan oleh pesaingnya John Adams.

Baru pada tahun 1800, Thomas Jefferson dicalonkan kembali menjadi calon presiden. Ia dan saingannya Aaron Burr mendapatkan jumlah suara yang sama. Namun akhirnya Thomas Jefferson terpilih menjadi presiden setelah melalui keputusan Dewan Perwakilan Rakyat.

Peran dan Konstribusi

Biografi Thomas Jefferson juga dihiasi dengan berbagai peran penting yang pernah dilakukannya Pada usia 33 tahun,Thomas Jefferson ikut berkontribusi dalam menyusun Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dari Penjajahan Inggris.

Deklarasi tersebut berisi pasal pendek yang menyingkap filsafat revolusi saat itu yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan Piagam Hak-Hak Asasi Manusia. Hal itu terjadi saat ia menjabat menjadi anggota Kongres Konstinental.

Selain itu, kontribusi besar yang pernah dilakukan oleh Thomas Efferson lakukan adalah  pembelian Luisiana dari Perancis. Peristiwa tersebut menjadikan wilayah Amerika Serikat yang masih muda menjadi semakin luas dua kali lipat dari sebelumnya.

Tahun 1809, Thomas Jefferson mulai pensiun dan meninggalkan Gedung Putih. Dia mulai merancang program besarnya untuk mendirikan Universitas Virginia di daerah tempat tinggalnya yaitu Monticello.

Jabatan

Selama hidupnya Thomas Jefferson telah diserahi berbagai jabatan penting. Berikut adalah beberapa jabatan penting yang pernah ia pegang:

  1. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Wilayah Virginia (masa bakti 1776-1779)
  2. Gubernur Virginia pada tahun 1779. ia menggantikan Patrick Henry. Tahun 1780 dipilih kembali, tetapi ia mengundurkan diri disebabkan adanya serangan dari Negara Inggris.
  3. Duta Amerika untuk Negara Prancis pada (1785-1789)
  4. Menteri Luar Negeri pada masa kepemimpinan Presiden George Washington tahun 1789.

Wafat

Thomas Jefferson wafat di usianya yang ke 83 tahun di Charlotesville, Virginia. ia wafat pada tanggal 4 Juli 1826.

Demikianlah pemaparan mengenai biografi Thomas Jefferson. Sebagai salah satu tokoh dunia yang fenomenal dan memiliki banyak jasa dan prestasi gemilang selama hidupnya. Sudah selayaknya para generasi muda saat ini mengikuti jejak hidupnya.

Leave a Reply